ANALISIS PENGARUH FAKTOR BUDAYA DAN SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK SAMSUNG

Authors

  • Muhammad Nur Aminudin IAIN Fattahul Muluk Papua
  • Muhammad Anang Firdaus IAIN Fattahul Muluk Papua
  • Ira Eka Pratiwi IAIN Fattahul Muluk Papua

DOI:

https://doi.org/10.53491/oikonomika.v1i1.64

Keywords:

Cultural Factor, Social Factor, Purcashing Intention

Abstract

This study aims to analyze the influence of cultural and social factors on the purchasing decision of Samsung brand smartphones on IAIN Fattahul Muluk Papua Students. This type of research uses quantitative research. The population in this study were students of IAIN Fattahul Muluk Papua. The number of samples obtained was 280 students, consisting of 68 students of the Faculty of Islamic Economics and Business, 64 students of the Faculty of Syariah, and 148 students of the Faculty of Tarbiyah. Data were collected using a questionnaire, while data analysis techniques used is Multiple Linear Regression. This research shows that cultural factors have a positive and significant influence on the purchasing decisions of Samsung brand smartphones, while social factors have a positive but insignificant effect on the purchasing decisions of Samsung brand smartphones. Furthermore, the influence of cultural factors and social factors simultaneously have a positive and significant effect on purchasing decisions Samsung smartphone brand.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggito, Albi dan Johan Setiawan, Metodologi Penelitian Kualaitatif, Sukabumi: CV Jejak, 2018.

Darmawan, Deni, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Firmansah, M. Anang, perilaku konsumen (sikap dan pemasaran), Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Ginting, Nembah F. Hartimbul, manajemen pemsaran, Bandung: Yrama Madya, 2011.

Hartono, Analisis Data Statistika dan Penelitian, Edisi ke 1, Jakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Hamid, Abdul, Pedoman penulisan skripsi, Jakarta: FEIS, 2007.

Kotler, Philip, manajemen pemasaran Edisi ke 11, Jakarta: PT Indeks kelompok Gramdia, 2005.

Kotler, Philip dan Kevin L. K., manejemen pemasaran, Edisi ke 12 PT Macanan Jaya Cermelang, 2007.

Kotler, Philip dan Kevin L. K., manejemen pemasaran, Edisi ke 13, Jakarta: Erlangga, 2008.

Mangkunegara, Anwar Prabu, Perilaku Konsumen, Edisi Revisi, Bandung: PT Refika Aditama, 2002.

Mowen, Jhon C. dan Michael Minor, perilaku konsumen, Jakarta: Erlangga, 2002.

Mursid, M., manajemen pemasaran, Jakarta: Bumi Akasara, 2015.

Pramesti, Getut, Kupas Tuntas Data Penelitian Dengan SPSS 22, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2014.

Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson, perilaku konsumen dan stategi pemasaran, Edisi ke 4, Jakarta: Erlangga, 1999.

Rahmat, H., Statistika Penelitian, Bandung: Pustaka Setia, 2013.

Sudaryono, Metodologi Penelitian, Jakarta: PT Grafindo Persada, 2017.

Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi, Bandung: Alfabeta, 2007.

Sunyoto, Danang, Analisis Regresi dan Korelasi Bivariat, Yogyakarta: Amara Books, 2007.

Tjiptono, Fandy, Stuurategi Pemasaran, Edisi 3, Yogyakarta: ANDI, 2008.

Umar, Husain, Studi Kelayakan Bisnis, Edisi Ke 2, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003.

Walgito, Bimo, Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: ANDI, 2003.

Agus Tri Haryanto,”Samsung masing menjadi Raja Ponsel di Indonesia”, diakses dari http://m.detik.com/inet/consumer/d-4446865/samsung-masih-raja-ponsel-di-indonesia-ini-daftar-5-besarnya tanggal 24 Juli 2019 pada pukul 15.00 WIT.

Hutami Permatasari, skripsi: ”pengaruh citra merek, fitur, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian”, Yogyakarta: UMY, 2016.

Julianda, Ikko dan Eka Komalasari, Faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian produk smartphone Samsung, Jurnal Valuta Vol. 3 No 1, April 2017.

Muhammad Gifary, skripsi,”faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian minuman isotonic”, Bandar Lampung: Universitas Lampung,2017.

Syafirah, Lisbeth Mananeke, dan jopie Jorie Rotinsulu dengan judul penelitian, Pengaruh Faktor-faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Holland Bakeri Manado”, jurnal EMBA Vol. 5 No 2, Juni 2017.

Sunarto,”Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Xiomi Redmi 3S”,jurnal moneter Vol. V No 1, April 2018.

Rita,Skripsi: “pengaruh faktor-faktor perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian produk oriflame”, Makasar:UIN Alauddin,2018.

Widisudharta, metodologi penelitian, diakses dari https://widisudharta.weebly .com/metode-penelitian-skripsi.html tanggal, 15 Agustus 2019, pukul 11.33 WIT.

Downloads

Published

2021-07-25

How to Cite

Aminudin, M. N., Firdaus, M. A., & Pratiwi, I. E. (2021). ANALISIS PENGARUH FAKTOR BUDAYA DAN SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK SAMSUNG. OIKONOMIKA : Jurnal Kajian Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 22-41. https://doi.org/10.53491/oikonomika.v1i1.64